ASSALAMUALAIKUM WR.WB

4

catatan : manarul saputra kapten tkj 2

TROUBLE SHOOTING PADA KOMPUTER

SEMUANYA… kali ini saya akan mencoba membahas sedikit tentang troubleshooting pada komputer, jika komputer anda mengalami masalah seperti komputer yg mati total atau gak bisa hidup sama sekali,komputer yang tidak mengeluarkan gambar atau tampilan dan juga komputer yang gagal reboot kemudian restart , nah disini saya akan mencoba menjelaskan masalah-masalah yang terjadi di atas mungkin bagi kalian yang mengalami masalah diatas pasti sangat kesalkan kalo gitu pas saya akan coba menjelaskan ……..selamat membaca………..

Komputer yang mati total

       Yang harus dilakukan adalah mengecek kabel-kabel apakah sudah terpasang dengan benar atau belum , sebab jika ada satu kabel saja tidak terpasang dengan benar maka komputer tidak akan menyala , lalu coba periksa colokan ke konektor power supply.

Komputer yang tidak mengeluarkan gambar/tampilan

Yang harus dilakukan adalah :

  • Pertama apakah VGA CARD merekat atau tidak pada motherboard jika tidak maka rekatkanlah VGA CARD tersebut takutnya itu masalahnya jika masih belum muncul tampilan pada layar komputer jika itu bukan pada VGA CARD maka ikuti langkah berikutnya.
  • Kedua periksa RAM apakah sudah terpasang apa belum apabila masih belum menyala kemungkinan ada kerusakan pada slot VGA CARD dan kita bisa menggunakan VGA onboard pada motherboard.
  • Ketiga bersihkan RAM dan VGA menggunakan penghapus pensil.

Komputer gagal reboot atau selalu restart

Ketika komputer kita gagal reboot atau selalu restart kemungkinan ada kerusakan pada hardisk jadi yang harus dilakukan adalah menegecek kabel-kabel pada hardisk sudah terpasang dengan benar apa belum,lalu coba cek VGA dan RAM takut kedua komponen itu kotor jadi harus dibersihkan, apabila masih tetap gagal reboot atau selalu restart maka langkah selanjutnya adalah mengistal ulang software kita..

 

Terimaksih karna sudah membaca artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi anda yang mengalami maslah diatas saya berharap dengan saya membuat artikel ini dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah diatas..

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Sedang Tren